Sabtu, 29 Oktober 2011

Manfaat Latihan Yoga untuk Ibu Hamil

Wanita hamil sering kali menghindari olahraga dengan alasan menjaga kesehatan kehamilan. Padahal, ada beberapa olahraga yang sangat cocok dilakukan saat hamil — misalnya yoga.

Dikutip dari ABC Yoga, berlatih yoga selama kehamilan dapat membantu para wanita melewati masa-masa sulit di trimester pertama. Biasanya pada usia kehamilan muda, kecemasan dan tekanan darah menjadi meningkat. Tak hanya itu, rasa mual, pusing serta gangguan pernapasan juga sering dialami.

Dengan berlatih yoga, para ibu hamil bisa mengendurkan otot-otot di seluruh tubuhnya. Relaksasi yang juga merupakan salah satu inti dari berlatih yoga juga dapat mengurangi kecemasan serta tekanan darah tak teratur yang dialami ibu hamil.

Seperti yang ditulis dalam “Yoga for Pregnant Woman”, beberapa gerakan yoga juga dapat memperkuat otot-otot di bagian pinggul yang sangat berguna saat proses melahirkan. Demikian pula latihan pernapasan saat berlatih yoga.

Beberapa pose di latihan yoga juga membantu para calon ibu memperkuat otot kaki. Hal ini bermanfaat saat usia kehamilan bertambah dan beban yang harus dipikul para ibu hamil makin besar. Otot kaki yang kuat akan membantu para wanita itu menopang bobot tubuhnya.

Namun sebelum mulai berlatih yoga, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter. Ia akan menyebutkan latihan-latihan seperti apa yang cocok dan sesuai dengan kondisi Anda.

Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar